Search

Miris, Ajang Sea Games 2018 Jakarta – Palembang Vendor dan Pelaku Seni Indonesia Cuma Jadi Penonton Saja

Komunitas Merah Putih

Lampu Hijau, Jakarta – Sikap Ketua Indonesian Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Tohir yang menunjuk pihak asing sebagai pelaksana lapangan Opening dan Closing Asean Games Jakarta – Palembang 2018, dinilai mengecewakan banyak pihak karena tidak melibatkan pekerja seni dan vendor lokal Indonesia untuk ambil bagian dalam event bergengsi. Semestinya hajat yang baru dua kali digelar di Indonesia setelah 56 tahun ini menjadi pembuktian anak bangsa di mata internasional.

Tak hanya itu, pesta akbar olahraga yang melibatkan ribuan atlet dari 42 negara Asia ini, dinilai mempunyai banyak kejanggalan. Salah satunya penunjukan Five Current, Mind Organizer dari Amerika Serikat yang memakan biaya sekitar Rp 700 Miliar tanpa melalui proses (tender) terbuka.

Salah satu anggota Komunitas Merah Putih, Doni Kembang Api mengatakan SDM vendor dalam negeri tidak kalah disbanding produk Amerika.

“Dengan ditunjuknya Five Current secara langsung telah menutup peluang vendor lokal untuk menunjukkan karya terbaiknya dikancah global, padahal SDM vendor dalam negeri secara faktual tidak kalah dibanding produk Amerika, yang belum tentu lebih baik”, tutur Doni, Jumat (25/05) di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Sementara itu ,pengamat music Bens Leo juga mengungkapkan kekecewaannya. Ia berpendapat bahwa hajat besar ini telah mematikan industri kreatif anak bangsa.

“Fakta ini sudah tentu mematikan industri kreatif dan keberadaan vendor production lokal, bahkan Five Current yang sudah permanen membuka kantornya di area GBK, hanya melibatkan kroninya di luar negeri dan tidak satupun melibatkan vendor lokal. Ironisnya, hajatan bangsa ini justru meninggalkan potensi anak bangsa sendiri dan justru lebih memilih membuka ruang bagi dominasi pekerja asing di negeri ini. Para vendor lokal tidak anti asing, tapi kita harus tolak dominasi asing menguasai negeri ini”, ungkap Bens Leo. (Bit)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/05/27/miris-ajang-sea-games-2018-jakarta-palembang-vendor-dan-pelaku-seni-indonesia-cuma-jadi-penonton-saja/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Miris, Ajang Sea Games 2018 Jakarta – Palembang Vendor dan Pelaku Seni Indonesia Cuma Jadi Penonton Saja"

Post a Comment


Powered by Blogger.