Search

Agar Aman Buat Warga, Sudin KPKP Jaksel Awasi Peredaran Pangan Saat Ramadhan


Lampu Hijau, Jakarta Selatan – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan, melakukan pengawasan keamanan pangan di lima pasar yang berbeda pada Rabu (23/5/2018). Kegiatan ini dilakukan, untuk menciptakan bahan pangan yang aman bagi masyarakat di bulan Ramadhan.

Bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi DKI Jakarta, kegiatan pengawasan keamanan pangan ini dipimpin oleh Kasudin KPKP Jakarta Selatan Wachyuni, serta dihadiri oleh Camat Kebayoran baru Aroman Nimbang, Kasudin Perindustrian dan Energi Kota Jakarta Selatan Suryanto, serta Lurah Gunung Noor Muchyadi.

Wachyuni mengatakan, lima pasar yang menjadi sasaran dalam pengawasan pangan ini adalah Pasar Blok A, Pasar Radio Dalam, Pasar Santa, Pasar Mayestik, dan pasar modern yakni Carrefour Lebak Bulus.

“Dengan pengujian sampel dilakukan di Pasar Mayestik,” ujarnya.

Wachyuni menjelaskan, sasaran pengawasan dalam kegiatan ini adalah komoditas pertanian, peternakan, dan perikanan. Dalam pengawasannya, Sudin KPKP Jaksel mengambil sampel dari tiga komoditas tersebut.

“Produk pertanian 204 sampel, produk peternakan 35 sampel, serta produk perikanan 100 sampel. Untuk BPOM, mereka mengambil 28 sampel olahan yang hanya diambil di Pasar Mayestik,” ungkapnya.

Hasilnya, dari hasil pengujian sampel didapatkan kandungan zat berbahaya pada tujuh sampel yaitu, sagu ambon (zat pewarna Rhodamin B), pacar cina (zat pewarna Rhodamin B), kue mangkok (zat pewarna Rhodamin B), kerupuk merah (zat pewarna Rhodamin B), rengginang (zat pewarna Rhodamin B), tahu (zat formalin), keripik tempe (zat boraks).

“Produk yang mengandung bahan berbahaya dilakukan tindakan penarikan dan pemusnahan produk, dan bagi pedagang yang bersangkutan akan diberikan pembinaan dari PD Pasar Jaya,” tegasnya.

Selain itu, Wachyuni menambahkan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pendataan pasokan dan harga pangan dalam pemenuhan konsumen terhadap produk pangan strategis menjelang lebaran, seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe merah besar, cabe rawit merah, cabe rawit hijau, kentang, tomat, daging has, daging murni, hati sapi, daging ayam, dan telur ayam.

“Untuk harga bahan pangan strategis di bulan Ramadhan ini masih dalam kondisi normal. Belum terjadi kelonjakan kenaikan harga yang signifikan,” pungkasnya.(DVD)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/05/24/agar-aman-buat-warga-sudin-kpkp-jaksel-awasi-peredaran-pangan-saat-ramadhan/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Agar Aman Buat Warga, Sudin KPKP Jaksel Awasi Peredaran Pangan Saat Ramadhan"

Post a Comment


Powered by Blogger.