Search

Cari Kopi Berkualitas Tapi Murah, Cukup Datang ke Pasar Santa

Lampu Hijau, Jakarta – Tak selamanya istilah kalau mau mencari barang yang berkualitas dan enak harus di mal dengan harga tinggi. Pameo itu terbantahkan dengan kehadiran Toko Dunia Kopi.

Kenapa demikian, sebab di Toko Dunia Kopi milik Suradi ini, bisa dinikmati kopi berkualitas dengan harga murah. Makanya tak heran, banyak warga asing yang datang berbelanja ke toko yang terletak di lantai dasar Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Kepada Lampu Hijau, Suradi menceritakan bahwa yang berbelanja ke tokonya, bukan hanya pedagang kopi Jakarta, tapi juga turis mancanegara. Juga anak muda Jakarta serta beberapa artis dan pejabat.

“Terus terang, sejak berdiri 12 tahun silam, toko kopi saya ini sudah menjadi destinasi wisata hingga manca negara. Khusus turis asing, selain diminum sehari hari, jika pulang ke negaranya juga beli untuk oleh-oleh. Sebut saja seorang turis asal Rusia yang setiap pulang ke negaranya membeli 60 kg,’ ujar Suradi, kemarin.

Dijelaskan Suradi, prinsip dasarnya membuka toko kopi ini adalah untuk mengenalkan kopi nusantara kepada pembeli baik warga lokal maupun warga asing. Sebab kopi nusantara ini, sebut saja kopi Arabika Bali Kintamani, rasanya enak dan harganya  murah.

“Namun di toko, saya juga ada kopi luar negeri sebagai pelengkap saja. Dan saya juga mengedokasi anak anak muda utuk berwirausaha. Jadi reseler maupun buka kedai kopi. Saya juga menjual alat pengolahan kopi dengan harga terjangkau. Dan di toko saya, para pembeli bisa langsung tes kopi yang diinginkan,” jelas Suradi seraya menambahkan awalnya tokonya khusus jual kantong plastik, namun berkembang jadi jual kopi berkualitas.

Untuk pencinta kopi lokal atau anak muda zaman now, ujar Suradi, kopi yang disukai adalah kopi Arabika Aceh Gayo Waeni. Sementara untuk turis asing lebih menyukai kopi Arabika Bali Kintamani.

Adapun kopi lokal lain yang juga tak kalah enaknya untuk dinikmati, lanjut Suradi, Arabika Long Bery, Arabika Pe Bery, Arabika Java Prenger Garut maupun Arabika Malabar. Dan kopi ini juga diminati para pecinta kopi strong atau kopi jantan warga Tanah Air.

Pemantauan di lokasi, Toko Dunia Kopi milik Suradi ini, tampak warga Jepang, Korea, Cina maupun dari Eropa, secara bergantian datang membeli kopi untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Ada pula warga lokal, baik anak muda Jakarta maupun luar kota juga terlihat antri untuk membeli kopi milik Suradi ini.

Kehadiran Dunia Kopi di pasar tradisional Santa, Jakarta Selatan ini secara otomatis mengangkat derajat pedagang pasar tradisional milik Perumda Pasar Jaya ini. Artinya, berdagang di pasar tradisional juga mampu bersaing secara kualitas dengan pedagang di mal-mal. (ULI)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/08/07/cari-kopi-berkualitas-tapi-murah-cukup-datang-ke-pasar-santa/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cari Kopi Berkualitas Tapi Murah, Cukup Datang ke Pasar Santa"

Post a Comment


Powered by Blogger.