Search

Kunker ke Rusia, Sandi Pelajari Tata Kelola Lalin Selama Piala Dunia

Lampu Hijau, Jakarta-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengunjungi Moscow Traffic Management Centre (TMC) menjadi pusat komando, pengendalian, dan pengawasan lalu lintas (lalin) di Moskow, Rusia.

Sandi mempelajari tata kelola lalin selama Piala Dunia agar bisa diadaptasi Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi Asian Games 2018.

“Kami ingin belajar dari kesuksesan kota Moskow di dalam pengelolaan lalu lintas selama ajang piala dunia, mengingat kita akan menyongsong hajatan Asian Games,” kata Sandi dalam keterangan pers tertulis, Jumat (3/8).

Kehadiran Sandi di Moskow adalah untuk kelima kalinya dalam kaitan acara kunjungan kerja (kunker)  ke luar negeri.

Sandi menceritakan, sejak 2012, Pemerintahan Kota Moskow telah menerapkan Intelligent Transport System (ITS) atau sistem transportasi intelijen.

Melalui sistem ini, TMC Moskow dapat memonitor dan memprediksi kondisi lalin, sehingga kepadatan kendaraan mampu tersebar secara merata berdasarkan kapasitas ruas jalan.

Untuk itu, lanjut Sandi, pihak Moskow memasang sebanyak 2.048 CCTV dan 1.402 kamera di berbagai sudut kota.

Kondisi lalin terkini dapat dipantau langsung melalui layar informasi dalam kota, radio, situs resmi, dan media lain yang telah bekerja sama dengan TMC Moskow.

Informasi yang bisa diakses publik yakni waktu tempuh, kepadatan arus lalin, kendaraan yang mogok, kecelakaan, gangguan ketertiban umum, dan aksi massa.

Sistem ini juga memungkinkan petugas berwenang bergerak cepat dalam mengatur kelancaran lalintas kota Moskow.

Usai mempelajari sistem ini, Sandi menyebut sistem ini bisa diadopsi di DKI Jakarta.

“Insya Allah Pemprov DKI Jakarta bisa mengadaptasi Kota Jakarta agar bisa lebih siap dan lebih baik dalam mengelola lalu lintas menjelang Asian Games,” lanjut Sandi. (ULI)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/08/03/kunker-ke-rusia-sandi-pelajari-tata-kelola-lalin-selama-piala-dunia/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kunker ke Rusia, Sandi Pelajari Tata Kelola Lalin Selama Piala Dunia"

Post a Comment


Powered by Blogger.