Search

Saudi Vs Kanada Tegangan Tinggi, Setelah Usir Dubes, Penerbangan Langsung Ditangguhkan

Lampu Hijau, Saudi-Hubungan Saudi sedang tegangan tinggi dengan Kanada. Tak hanya menghentikan program pertukaran pelajar, Saudi juga menangguhkan penerbangan langsung dari dan menuju Toronto, Kanada. Dilansir The Guardian, perusahaan penerbangan Saudi, Saudia, menangguhkan penerbangan per 13 Agustus.

Saudi geram Kanada ikut campur dengan urusan dalam negaranya. Langkah itu merupakan teguran keras terhadap Kanada setelah menyatakan keprihati­nan atas penangkapan aktivis di Arab Saudi, termasuk pegiat hak perempuan terkemuka Samar Badawi. Kanada mendesak agar para tahanan dibebaskan.

Menanggapi itu, Saudi telah mengusir Dubes Kanada Denis Horak. Tak hanya itu, Saudi juga menghentikan program pertukaran pelajar dengan Kanada dan akan memindahkan para siswa penerima beasiswa Saudi ke negara lain.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) meminta informasi soal penahanan aktivis tersebut dan mendesak Pemerintah Saudi menghormati proses hukum. Ini merupakan komentar pertama ASsejak perselisihan antara kedua sekutu itu mencuat.

“Kami meminta Pemerintah Arab Saudi untuk memberi informasi tambahan tentang penahanan beberapa aktivis,” demikian pernyataan Kemente­rian Luar Negeri AS.

“Kami terus mendorong Pe­merintah Arab Saudi menghor­mati proses hukum dan mem­publikasikan informasi tentang status kasus hukum.”

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland prihatin dengan pengusiran dubesnya. Dia menegaskan sikap itu tak akan mempengaruhi posisi Kanada dalam membela HAM. Dia juga menyayangkan langkah pemutu­san program pertukaran pelajar.

“Ini akan memalukan bagi para siswa jika mereka kehilan­gan kesempatan untuk belajar di sini,” kata Freeland.

Saudi mengusir Dubes Kanada Denis Horak dan memang­gil diplomatnya dari negara tersebut untuk berkonsultasi. Saudi juga membekukan kerja sama perdagangan dan investasi terbaru dengan Kanada. Dua negara Teluk yakni Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan mendukung Saudi, seperti dilansir Rakyat Merdeka Online (RMOL).(LH)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/08/08/saudi-vs-kanada-tegangan-tinggi-setelah-usir-dubes-penerbangan-langsung-ditangguhkan/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saudi Vs Kanada Tegangan Tinggi, Setelah Usir Dubes, Penerbangan Langsung Ditangguhkan"

Post a Comment


Powered by Blogger.