Search

Sudin PPAPP Jakarat Barat Optimis Tahun 2018 KLA Dapat Juara Tingkat Madya

Lampu Hijau, Jakarta Barat – Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat melaksanakan kegiatan pembentukan forum anak tingkat Kelurahan, Kecamatan dan tingkat kota. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Jakarat Barat menuju kota layak anak.

Tujuan kegiatan kota layak itu sendiri untuk menciptakan Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, diamana sesuai dasar hukum dan Perda No 08 tahun 2011, yaitu tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan serta Pergub Provinsi DKI Jakarta No 736 tahun 2013, tentang penetapan Kota di wilayah DKI.

Kasudin PPAPP, Pemko Administrasi Jakarta Barat, Endang Widaningsih, mengatakan, terkait pengembangan KLA di Kota Administraai Jakarta Barat, sampai dengan Maret 2018 pihaknya sudah melaksanakan pembentukan forum anak tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan hingga Kota. Selain itu, Suku Dinas PPAPP juga mengadakan sosialisasi tentang Kota Layak Anak, baik tingkat SKPD terkait, lembaga masyarakat dan dunia usaha.

“Kita juga melakukan pembentukan dan penguatan dan pembinaan forum anak tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota Se-Jakarta Barat. Disini kita membuktikan bahwa Jakarta Barat siap menjadi Kota Layak anak,”ujarnya.

Endang menambahkan, pihak Suku Dinas PPAPP telah melakukan sosialisasi pembentukan Puskesmas ramah anak, Sosialisasi dan pembentukan sekolah ramah anak, pembuatan SK sekolah ramah anak,  pembentukan percontohan pencegahan kekerasan terhadap anak di sekolah, tingkat SD, SMP dan SMA. Sedangkan SDN 25 Palmerah, SD Swasta Juara Palmerah dan SD Swasta IKKT Palmerah dan masih proses.

“Kita juga sosialisasi dan pembentukan perlundungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) di 10 Kelurahan, ” tuturnya.

Selain itu, Evaluasi KLA dilaksanakan oleh Kementrian PPPA RI satu tahun sekali di mana dalam rangka Hari Anak Nasional dan Kota Administrasi Jakarta Barat sudah mendapatkan KLA dengan penghargaan PRATAMA di tahun 2017. Pihaknya juga akan mengadakan deklarasi sekolah ramah anak dan puskesmas ramah anak di wilayah Jakarta Barat, oleh Walikota Jakarta Barat.

Kasudin PPAPP berharap agar ditahun ini wilayah Jakarta Barat, bisa meraih peringkat pertama. “Tahun lalu, Jakarta Barat mendapatkan kota layak anak pratama. Untuk tahun ini, kita berharap menjadi kota anak Madya,” tutupnya.(ygi)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/04/10/sudin-ppapp-jakarat-barat-optimis-tahun-2018-kla-dapat-juara-tingkat-madya/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sudin PPAPP Jakarat Barat Optimis Tahun 2018 KLA Dapat Juara Tingkat Madya"

Post a Comment


Powered by Blogger.