Search

Kakanwil Kemenkumham Banten Klaim Rutan dan Lapas Udah Kelebihan Kapasitas

Lampu Hijau, Tangerang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Dewa Putu Gede mencatat jumlah penghuni Lapas dan Rutan di wilayah Banten melebihi kapasitas. Dalam catatan, ada sekitar 10.125 warga binaan dan narapidana yang tersebar di 13 Rutan dan Lapas.

“Kalau ditotal kita kelebihan sekitar 40 persen atau 4.050 orang,” ujar Dewa di Lapas Pria Klas 1 A Tangerang dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan, Jumat 27 April 2018.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, bila dihitung perbandingan warga binaan dengan petugas jaga masih terlalu jauh.

“Saat ini petugas ada ribuan, saya lupa persisnya. Kami juga telah merekrut petugas ada sekitar 415 tenaga dan akan disebar di Lapas dan Rutan Banten. Itu seyogyanya masih kurang banyak,” katanya.

Bila dihitung perbandingan kapasitas Rutan dan Lapas serta ruang gerak 2×1 meter. Maka, Dewa menambahkan, harus dicari upaya memaksimalkan pembinaan penghuni Lapas dan Rutan.

“Untuk itu, hampir di tiap Lapas dan Rutan di Banten, memiliki kegiatan produktif. Sehingga bisa mengalihkan kegiatan negatif napi menjadi produktif dan bermanfaat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menuturkan, terkait kelebihan kapasitas di Lapas dan Rutan Banten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan mensupport Kementerian Hukum dan HAM untuk dapat memenuhi standar kapasitas.

“Kelebihan kapasitas di Rutan dan Lapas ini teknis internal di Kementerian Hukum dan HAM. Kami (Pemprov) hanya bisa memberikan dukungan atau bekerjasama untuk hibah tanah untuk pembangunan Lapas atau Rutan agar tidak kelebihan kapasitas lagi,” ujar Andika di tempat sama.

Andika berharap kedepannya Kementerian Hukum dan HAM bersama Pemprov Banten dapat melaksanakan pembinaan dan pembangunan hukum yang baik di wilayah Banten. (WAH)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/04/29/kakanwil-kemenkumham-banten-klaim-rutan-dan-lapas-udah-kelebihan-kapasitas/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kakanwil Kemenkumham Banten Klaim Rutan dan Lapas Udah Kelebihan Kapasitas"

Post a Comment


Powered by Blogger.