Search

Sodaqomart Zohri Siapkan Kebutuhan Logistik Pascagempa Lombok

Lampu Hijau, Lombok Utara – Hingga Minggu (29/7/2018) sore, pergerakan Tim Emergency Response ACT di Lombok Utara berada di Dusun Dasan Gerisak, Desa Anyar, Kecamatan Bayan.

Dikabarkan Koordinator Emergency Response ACT Kusmayadi, sebagian besar rumah warga di Bayan rusak. “Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT Lombok Utara malam ini (Minggu, 27 Juli 2018) akan standby di Bayan. Menyiapkan kebutuhan darurat para pengungsi,” katanya seperti dalam rilis ACT kepada awak media.

Untuk menyiapkan kebutuhan logistik, Kepala ACT Cabang NTB Lalu Muhammad Alfian menjelaskan, pihaknya berkolaborasi dengan Sodaqo dari PT Hydro Perdana Retailindo yang menaungi sodaqomart milik Zohri. Sebagai perusahaan wakaf, PT Hydro menerapkan konsep bahwa hasil wakaf produktif pun bisa untuk merespons kebencanaan, terlebih di fase emergency.

“ACT dan Sodaqomart akan membangun tenda darurat untuk istirahat pengungsi di Dusun Dasan Gerisak, Desa Anyar, Kecamatan Bayan. Sementara dapur umum dan kebutuhan logistik akan disuplai distribution center Sodaqo yang dimiliki oleh PT Hydro,” jelas Alfian.

Syahru Aryansyah selaku CEO PT Hydro Perdana Retailindo menjelaskan, Sodaqo bersama Tim ACT bergerak bersama di Dusun Dasan Gerisak, salah satu wilayah terdampak gempa cukup parah di Lombok Utara. Sodaqo, lanjutnya, mendistribusikan paket makanan dan minuman sebagai pertolongan pertama bagi korban gempa. Bantuan itu meliputi air mineral, obat-obatan, biskuit, beras, kopi, popok bayi, susu, minyak goreng, gula dan kebutuhan lainnya,” papar Syahru Aryansyah.

Hingga minggu (29/7) malam, saluran listrik dan air bersih juga dikabarkan masih terputus. Kebutuhan pangan pun belum sepenuhnya terpenuhi di Dusun Dasan Gerisak.

“Malam ini dari distribution center Sodaqo akan dikirimkan makanan dan air untuk warga Gerisak. Bantuan sudah diterima langsung oleh perangkat Desa Anyar, untuk didistribusikan ke 10 titik pengungsian” ujarnya.

Menerangkan tentang konsep Sodaqo, PT Hydro sebagai perusahaan wakaf menggunakan konsep sociopreneur dalam mengembangkan bisnis minimarket Islami bernama Sodaqo. “Selain bisnis, sodaqomart juga memperhatikan unsur sosial. Dengan artian bahwa setiap transaksi di Sodaqo ada nilai sedekah yang dapat dirasakan masyarakat luas, termasuk bantuan langsung tanggap bencana gempa di Lombok Utara ini,” pungkas Syahru Aryansyah, Minggu (29/7/2018).

Seperti diketahui PT Hydro yang menaungi Sodaqomart bersama ACT dua pekan lalu memberikan bantuan hibah sebuah minimarket bernama zohri mart senilai 300 juta kepada sang pelatih dunia, Lalu Muhammad Zohri.  Sodaqomart milik Zohri ini rencananya akan dilaunching pekan ini bersama Sodaqomart lain di lima pesantren yang berada di NTB. (yud)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/07/30/sodaqomart-zohri-siapkan-kebutuhan-logistik-pascagempa-lombok/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sodaqomart Zohri Siapkan Kebutuhan Logistik Pascagempa Lombok"

Post a Comment


Powered by Blogger.