Search

Ini Dia Si Tong Bin, Tong Sampah ‘Wah’ Made In Jerman Yang Harganya Rp 3,6 Juta

Lampu Hijau, Jakarta Barat-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum lama membeli tong sampah Made In Jerman sebanyak 2.640 tong. Harga satuannya tong sampah bisa dibilang cukup mengundang perhatian yakni mencapai USD 253,62 atau Rp 3.599.375,04, yang ditotal mencapai Rp 9,6 Miliar.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup (LH) Kota Jakarta Barat, Edy Mulyanto mengatakan di wilayah Kota Jakarta Barat ada 93 buah tong sampah buatan Jerman yang dibeli oleh Pemprov. Ke-93 tong itu kini telah disebar ke-36 dipo yang ada di Kota Jakarta Barat.

“Tong sampah dari Jerman itu namanya Tong Bin. Tong Bin Jakarta Barat adanya di LPS dan di Dipo-dipo. Soalnya tong sampahnya sangat mempermudah truk konvaktor,” kata Edy, Senin (4/6).

Menurut Edy, sebagian tong lainnya kini masih ada di Kantor Sudin LH Jakarta Barat. Karena, lanjut Edy, sisa-sisa Tong Bin belum disebar ke kecamatan-kecamatan di Jakarta Barat.

“Rencana akan disebarkan juga ke kecamatan-kecamatan di Jakarta Barat. Ini (Tong Bin) gunakan anggaran tahun 2017 lalu. Diterima Dinas LH DKI itu pada awal tahun ini,” ungkapnya.

Mengingat harganya cukup mahal, Edy Mulyanto, selaku Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan hidup (LH) mengatakan pihaknya ogah menaruh tong tersebut di sembarangan tempat.

“Kalau tong Jerman atau Tong Bin itu ditaruh di luar seperti di pinggir jalan, bisa-bisa hilang ya. Siapa yang mau ganti. Makanya, 93 Tong Bin di Jakarta Barat, sudah disebar di 36 dipo dan di LPS-LPS. Masih ada sisa tong, dan nanti tong-tong itu akan disebar di kecamatan,” ucap Edy.

Dijelaskan Edy, penggunaan Tong Bin terbilang mudah lantaran tidak perlu lagi menggunakan tenaga manusia, untuk mengangkatnya ke truk jenis compactor. “Tongnya ada rodanya. Bagian kanan kiri tong itu ada tempat guna mengaitkan ke compactor langsung. Jadi petugas tak perlu lagi berusaha susah payah angkat tong ke truk. Karena, Tong Bin ini ukurannya besar ya. Setengah ukuran si germor (gerobak motor),” paparnya. (Ygi)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/06/04/ini-dia-si-tong-bin-tong-sampah-wah-made-in-jerman-yang-harganya-rp-36-juta/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Dia Si Tong Bin, Tong Sampah ‘Wah’ Made In Jerman Yang Harganya Rp 3,6 Juta"

Post a Comment


Powered by Blogger.