Search

Air Kali Bekasi Tak Dapat Diolah Jadi Air Minum

Lampu Hijau, Bekasi-Pemerintah Kota Bekasi menyebut air di Kali Bekasi, Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan, Jawa Barat, sudah tidak bisa diolah menjadi air minum akibat pencemaran limbah.

“Kali Bekasi ini, kan, tercemar sudah lama, dan saya (pada) 2017 saja sudah menyatakan Kali Bekasi sudah tidak layak untuk pengolahan air minum. Ini sudah saya sampaikan ke PDAM,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi, Rabu (5/9/2018).

Luthfi menambahkan, pihaknya sudah melaporkan hal ini kepada Kementerian PUPR dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) terkait kondisi Kali Bekasi yang sudah tercemar.

Kali Bekasi, lanjut dia, harus direstorasi agar sedimentasi yang sudah terlalu tinggi bisa terangkut dan dibersihkan kembali.

Pihaknya juga telah mengerahkan 30 petugas untuk memantau perusahaan-perusahaan yang hendak membuang limbah ke kali-kali di Bekasi.

“Kami sebut pasukan katak, memang pasukan itu ada di pinggir sungai, upaya yang kami lakukan yakni memonitor di wilayah administrasi Kota Bekasi terutama perusahaan-perusahaan. Kami cek pembuangannya seluruh perusahan bahkan saya menyiapkan tim untuk memantau di pinggir kali,” tandasnya.

Sementara pemandangan tak sedap itu dikomentari Bacaleg DPR RI Dapil VI Jabar (Kota Depok dan Kota Bekasi). Menurutnya, kali itu kini berubah warna menjadi hitam pekat dan berbusa. Bahkan mengeluarkan aroma tak sedap.

Hal itu Ferry Batara ceritakan usai kunjungannya ke Kota Bekasi, mengaku kaget dengan keadaan sungai tersebut.

Kali tersebut diduga tercemar limbah dari 18 pabrik yang berdiri di sepanjang kali Bekasi.

Bacaleg yang maju dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu pun mendesak pemerintah setempat untuk menelusuri penyebab aroma zat kimia yang begitu pekat di Kali Bekasi itu. Dan bertindak tegas terhadap pabrik yang tidak ramah lingkungan tersebut.

“Jelas saya merasa prihatin karena kali yang seharusnya dijaga kebersihannya, justru dicemari oleh pihak-pihak yang tidak merasa bertanggungjawab. Karena itu saya secara pribadi mendesak pemerintah setempat untuk bertindak tegas terhadap pelaku pencemaran itu,” kata Ferry Batara baru-baru ini. (DIR)

Let's block ads! (Why?)

http://lampuhijau.co/2018/09/06/air-kali-bekasi-tak-dapat-diolah-jadi-air-minum/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Air Kali Bekasi Tak Dapat Diolah Jadi Air Minum"

Post a Comment


Powered by Blogger.